Apa itu Kecerdasan Naturalis? Bagaimana Cara Mengembangkannya?

7:00:00 AM Unknown 0 Comments



Kecerdasan Naturalis, Cara Mengenmbangkan Kecerdasan Naturalis, Cara Meningkatkan Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan mengelompokkan terhadap apa yang dijumpainya di alam maupun di lingkungan. Kemampun ini membuat anak peka terhadap lingkungan alam dan senang berada di lingkkungan alam terbuka misal gunung, pantai, hutan, dll.
Kecerdasan naturalis meliputi kepekaan terhadap semua jenis flora, fauna, bebatuan, tata surya, dan fenomena alam terjadinya hujan, awan, gempa, dll. Saat dewasa anak yang memiliki kecerdasan naturalis tinggi dapat menjadi pecinta alam, pecinta lingkungan, ahli geologi, ahli astornomi, penyayang binatang, ahli biologi, dokter hewan, juru foto alam, dan profesi lain yang berhubungan dengan alam.
Para orang tua sebaiknya mendidik anak sesuai bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Agar bakat dan kemampuannya tersebut dapat dikembangkan. Untuk dapat mengetahui apakah anak anda termasuk mempunyai kecerdasan naturalis, kenali ciri ciri anak yang mempunyai kecerdasan naturalis berikut ini:
1.    Menyukai binatang
2.    Senang berkebun, pergi ke taman, melihat akuarium
3.    Senang berkemah, mendai gunung, memancing
4.    Senang memperhatikan alam dimanapun ia berada
5.  Mempunyai Daya ingat yang kuat tentang detil tempat yang pernah dikunjungi, nama hewan dan tumbuhan
6.    Banyak bertanya tentang orang dan hal yang dilihat
7.    Mudah beradaptasi dengan tempat dan hal hal yang baru.
8.    Suka mencari tahu tentang sesuatu dan mengelompokkannya dalam beberapa kategori.

Kecerdasan naturalis hanya dapat berkembang jika mendapat stimulus yang tepat. Orang tua dapat memberikan stimulasi agar kecerdasan naturalis anak dapat berkembang dengan beberapa cara berikut ini:
1.    Ajak anak untuk menanam berbagai macam tumbuhan seperti cabai, tomat, jambu, dll. Ajak anak untuk mengamati proses pertumbuhannya.
2.    Ajak anak mengamati bintang, bulan, matahari, awan, dan alam yang lainnya
3.    Pelihara binatang di rumah misalnya kelinci, hamster, burung, atau ayam dan ajari anak untuk memberi makan binatang peliharaan tersebut.
4.    Ajak anak melakukan kegiatan dialam misal berkebun, mendaki gunung, camping, arung jeram, hiking, dll.
5.    Mengonsumsi Kapsul Herbal Super Brain. yang diracik dari herbal pilihan dan telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak.

0 comments: