Pentingnya Kecerdasan Emosional (EQ)

11:38:00 AM Unknown 0 Comments



Kecerdasan Emosi, EQ, Cara Mengingkatkan Kecerdasan Emosi, Pengertian Kecerdasan Emosi, Pengertian EQ, Pentingnya Kecerdasan Emosi, Pentingnya EQ
Pentingnya Kecerdasan Emosional (EQ)
Kecerdasan emosional atau lebih sering dikenal dengan Emotional Quotient (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.

Pentingnya Kecerdasan Emosional (EQ)


Pada beberapa kasus orang yang ber IQ tinggi belum tentu mereka akan sukes dan hidupnya bahagia. Orang yang ber IQ tinggi namun EQya kurang sehingga emosi tidak stabil sering kali keliru dalam memecahkan persoalan hidup. Mereka mudah marah, emosinya tidak terkontrol dalam menghadapi masalah sehingga menimbulkan konflik. Mereka kadang mudah menyetujui sesuatu, namun dalam waktu singkat dia membatakannya. Sehingga mengacaukan kerjasama yang disepakati dengan orang lain. Akibatnya orang itu mengalami kegagalan.

Di sisi lain, orang dengan IQ yang tidak tinggi namun mempunyai EQ yang tinggi mereka mempunyai emosi yang terkontrol, tekun berusaha, belajar, dan bekerja, dapat bekerjasama dengan orang lain, berusaha yang terbaik untuk dirinya sehingga mereka mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan.

Kecerdasan emosi perlu ditanamkan sejak dini sebagai pondasi untuk kehidupan di masa depan. Banyak orang yang hanya mementingkan IQ saja dan mengabaikan EQ. Orang yang memiliki EQ tinggi akan memiliki ciri ciri:

1.   Mampu mengidentifikasi dan menentukan perasaan, yaitu mau memperhatikan dan menghargai perasaan orang lain

2.   Berani mengungkapkan perasaan kepada orang lain dalam waktu yang tepat jika diperlukan. baik mengenai hal positif maupun negatif, dan mampu mengetahui apa manfaat jika melakukannya.

3.    Mampu mengelola suasana hati tanpa menyakiti perasaan orang lain

4.    Memiliki rasa empati, atau dapat memahami perasaan orang

5.    Mampu memotivasi diri sendiri

6.    Mampu mengatasi peristiwa yang menyakitkan.

Kecerdasan emosi sangat penting untuk mencapai kesuksesan dan bekal kehidupan di masa depan. Maka dengan mengembangkan dan melatih kecerdasan emosi dapat menjadikan kita lebih baik dalan menjalani kehidupan. Kecerdasan emosi dapat dilatih dengan berbagai cara. Diantaranya melalui mengenani emosi diri, mengendalikan atau mengekspresikan diri, memotivasi diri, memahami perasaan orang lain, dan menjalin hubungan dengan orang lain. anda dapat menggunakan cara alternatif untuk meningkatkan kecerdasan emosional dengan menggunakan CD Terapi Gelombang Otak EQ and SQ Booster.

0 comments: