Ciri-ciri dan Penanganan Disleksia Pada Anak

9:22:00 AM Unknown 0 Comments



Ciri-ciri dan Penanganan Disleksia Pada Anak, Disleksia Pada Anak, Ciri-ciri Disleksia Pada Anak, Mengatasi Disleksia Pada Anak, Anak Disleksia, Disleksia, Kesulitan Membaca Pada Anak
Disleksia Pada Anak – Disleksia adalah salah satu jenis gangguan atau kesulitan belajar yang umumnya mempengaruhi kemampuan membaca dan pengejaan. Sehingga anak yang menderita disleksia mengalami kesulitan membaca. Banyak orang yang beranggapan bahwa disleksia berkaitan ataupun mempengaruhi kecerdasan penderitanya. Tentu saja anggapan ini salah besar.

Anak dengan tingkat kecerdasan tinggi maupun rendah bisa menderita disleksia. Pada umumnya anak penderita disleksia memiliki tingkat kecerdasan dan IQ yang tinggi meskipun tidak unggul dalam bidang akademik. Bahkan banyak tokoh dunia ataupun orang orang sukses yang mengalami disleksia. Seperti Albert Einstein, Orlando Bloom, Jackie Chan, dan masih banyak lagi.
Disleksia terjadi karena lemahnya fungsi otak dalam menerima dan memproses informasi yang masuk. Sehingga anak akan mengalami kesulitan membaca, mengeja, menulis, bahkan sampai tak mampu memahami masalah hitung menghitung.

Ciri-ciri Disleksia pada Anak:

1.    Kesulitan dalam memahami dan membedakan huruf
2.    Penggunaan huruf yang terbalik balik dalam membaca maupun menulis
3.    Mengalami kesulitan dalam hitung menghitung
4.    Mengalami masalah dalam penulisan dan keterampilan motorik halus lainnya
5.    Kesulitan belajar mengenai dasar dasar alfabet, warna, dan nomor
6.    Kesulitan membedakan huruf yang hampir mirip. Misalnya p, b, d, m, n, f, t.
7.    Kesulitan melafalkan huruf
8.    Artikulasi tidak jelas dan terbalik balik
9.    Sering terbalik saat menuliskan huruf
10. Tidak dapat membedakan antara kanan dan kiri
11. Kesulitan dalam mengucapkan kata-kata yang panjang

Penanganan dan sikap orang tua terhadap Anak Disleksia

1.    Berikan dorongan kepada anak disleksia untuk mengembalikan kepercayaan dirinya
2.    Benar benar aktif dalam mendampinginya setiap waktu
3.    Buatlah kegiatan belajar membaca menjadi hal yang menarik
4.    Tunjukkan tokoh dunia atau orang sukses yang menderita disleksia untuk meningkatkan semangat belajarnya
5.    Jangan mudah mengkirtik dan mencela ketika anak mengalami kesalahan. Karena penderita disleksia mudah hilang motivasinya
6.    Lakukan latihan menulis secara bertahap. Jangan terlalu banyak
7.    Gunakan media belajar yang disukai anak. Misalnya komputer, buku dengan gambar menarik, dll
Jika anak anda didiagnosa menderita disleksia, hal yang harus anda lakukan adalah membantunya belajar dan menulis secara intensif. Jangan biarkan penderita disleksia berhenti menjadi pembelajar. Karena sebenarnya anak disleksia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Hanya saja mereka memiliki cara yang berbeda dalam berfikir. Penderita disleksia umumnya memiliki daya kreativitas yang lebih tinggi dan memiliki pemikiran yang lebih inofatif.
Dyslexia Treatment terapi untuk membantu mengatasi masalah Dyslexia
Ciri-ciri dan Penanganan Disleksia Pada Anak, Disleksia Pada Anak, Ciri-ciri Disleksia Pada Anak, Mengatasi Disleksia Pada Anak, Anak Disleksia, Disleksia, Kesulitan Membaca Pada Anak

Dyslexia Treatment merupakan terapi yang dikembangkan secara khusus oleh para ahli untuk mengatasi masalah Dyslexia yang masih menjadi misteri dalam dunia kedokteran. Terapi ini dirancang dengan stimulus pada gelombang otak yang sudah disesuaikan, sehingga sangat efektif untuk Anda gunakan dalam mengatasi masalah Dyslexia tersebut. Terapi ini diproduksi dalam bentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD dan DVD dengan tujuan agar Anda bisa mendapatkan dan menggunakannya secara mudah.

0 comments: